Ingat! Fitur TikTok Shop Resmi Ditutup 4 Oktober 2023

 Ingat! Fitur TikTok Shop Resmi Ditutup 4 Oktober 2023

tiktok shop dilarang – source image: google.com

TikTok Shop, layanan e-commerce dari TikTok, resmi ditutup di Indonesia mulai Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Penutupan ini dilakukan demi menghormati dan mematuhi hukum Republik Indonesia, khususnya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa pelaku usaha PMSE harus memiliki izin usaha perdagangan dan/atau izin usaha logistik. TikTok Shop, sebagai platform e-commerce, tidak memiliki izin usaha perdagangan dan/atau izin usaha logistik di Indonesia.

Baca Juga: 21 Aplikasi Edit Video Gratis

“TikTok Indonesia menghormati dan mematuhi hukum Republik Indonesia,” kata pihak TikTok dalam pernyataan resminya. “Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menutup TikTok Shop di Indonesia.”

Penutupan TikTok Shop ini tentu menjadi kabar yang mengejutkan bagi para penggunanya. Layanan ini baru diluncurkan di Indonesia pada tahun 2022 dan telah berhasil menarik perhatian banyak pengguna.

Meskipun demikian, TikTok Shop tetap akan menyediakan layanan bagi penggunanya hingga tanggal penutupan. Pengguna masih dapat melihat dan membeli produk di TikTok Shop hingga Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

Setelah tanggal penutupan, pengguna tidak akan dapat lagi melihat atau membeli produk di TikTok Shop. TikTok juga akan menghapus semua data transaksi dari TikTok Shop.

Baca Juga: Cara Hitung Pajak IMEI iPhone 15

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui terkait penutupan TikTok Shop di Indonesia:

  • TikTok Shop akan ditutup mulai Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.
  • Pengguna masih dapat melihat dan membeli produk di TikTok Shop hingga tanggal penutupan.
  • Setelah tanggal penutupan, pengguna tidak akan dapat lagi melihat atau membeli produk di TikTok Shop.
  • TikTok juga akan menghapus semua data transaksi dari TikTok Shop.

Dampak Penutupan TikTok Shop

Penutupan TikTok Shop tentu akan berdampak pada pelaku usaha yang memanfaatkan platform ini untuk berjualan. Pelaku usaha tersebut harus mencari platform e-commerce lain untuk berjualan di Indonesia.

Selain itu, penutupan TikTok Shop juga akan berdampak pada pengguna yang telah terbiasa berbelanja di platform ini. Pengguna tersebut harus mencari platform e-commerce lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Meskipun demikian, penutupan TikTok Shop juga dapat menjadi peluang bagi platform e-commerce lain untuk meningkatkan penggunanya. Platform e-commerce tersebut dapat memanfaatkan momen ini untuk menarik pengguna TikTok Shop yang mencari platform e-commerce baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *